Lembaga Keuangan Mikro Bangladesh Segera Beroperasi di Jabodetabek

JAKARTA-MI: Association for Social Advancement (ASA), sebuah lembaga keuangan mikro (LKM) asal Banglades, akan segera beroperasi di Jabodetabek pada 2010.

“Akan ada 10 cabang rencananya dibuka di 2010,” kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Usaha Mikro Kecil Memengah, dan Koperasi Sandiaga S Uno, di Jakarta, Jumat (30/10).

Kesepuluh cabang lembaga keuangan mikro tersebut, menurut Sandiaga, akan beroperasi di wilayah Jabodetabek.

“Pebisnis mereka (ASA) ada yang di Indonesia. Lembaga keuangan mikro yang mereka kelola sama dengan lembaga keuangan mikro Grameen Bank,” ujar dia.

Pertemuan antara Kadin dengan pebisnis asal Banglades, menurut Sandiaga, tidak hanya membicarakan pembiayaan untuk kelas Usaha Kecil Menengah (UKM), tetapi juga membicarakan investasi untuk energi.

Dibukanya LKM model ASA, ungkap dia, merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan Kadin ke Dhaka, Bangladesh pada 2-6 Juli 2009 lalu. Kunjungan tersebut dinilai produktif karena telah menghasilkan beberapa rumusan rekomendasi berikut, di antaranya mendirikan LKM.

LKM tersebut dalam bentuk PT Modal Ventura, merupakan kerjasama antara ASA International dengan perusahaan Kelompok Sandiaga S Uno. (Ant/OL-7)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/31/103114/20/2/Lembaga-Keuangan-Mikro-Bangladesh-Segera-Beroperasi-di-Jabodetabek

Software BMT Free Download…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *